Penggunaan Media Pembelajaran Shape and Colour Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 SMP/Mts


Assalamu'alaikum wr.wb

Penggunaan Media Pembelajaran Shape and Colour Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 SMP/Mts - Pengertian dari media pembelajaran yaitu segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan belajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran atau pelatihan.

Ada beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :

  1. Media Visual: grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
  2. Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
  3. Projected still mediaslide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
  4. Projected motion media: film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.

Media Pembelajaran Shape and Colour
Penggunaan Media Pembelajaran Shape and Colour Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 SMP/Mts- Sebelum kami membuat media pembelajaran ini, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pertama kami membuat beberapa indikator untuk melakukan observasi dan interview di pasar klewer dan perpustakaan surakarta. Langkah selanjutnya yaitu pengisian rubrik. Di mana rubrik tersebut terdiri dari dua yaitu rubrik kelompok dan rubrik individu. Rubrik tersebut digunakan dalam mengisi laporan hasil observai dan interview. Setelah itu, kami membuat surat izin agar mendapatkan izin dari pihak tempat yang akan kami observasi. Pada awalnya kami memilih tempat di stasiun solo balapan dan pasar klewer. Tetapi karena kami kesulitan mendapat izin dari pihak stasiun solo balapan kami memilih tempat lain yaitu perpustakaan surakarta. Pada awalnya kami ragu apakah bisa mendapatkan izin dari pihak perpustakaan atau tidak, dan pada akhirnya kami mendapatkan izin. Kami melakukan observasi selama 3 hari untuk satu tempat. Pada saat observasi kami kesulitan dalam hal transportasi. Kami menggunakan kendaraan umum dan harus berjalan kaki sampai tempat pemberhentian bis. 

Penggunaan Media Pembelajaran Shape and Colour Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 SMP/Mts-  Di sana kami menemukan informasi mengenai fasilitas, kepuasan pengunjung, norma-norma, moral yang ditemukan, fenomena atau kejadian yang ada, serta respon dari informan dan masih banyak lagi. Hasil observasi yang kami lakukan selanjutnya diaplikasikan ke dalam materi PPKn yaitu mengenai kerjasama dalam berbagai kehidupan. Berikut gambar pada saat observasi :


Pasar Klewer
Pasar Klewer

Pasar Klewer

Perpustakaan Surakarta


Perpustakaan Surakarta


Perpustakaan Surakarta

Penggunaan Media Pembelajaran Shape and Colour Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 SMP/Mts- Langkah selanjutnya yaitu membuat media pembelajaran. Pada awalnya kami memilih media pembelajaran ular tangga. Tetapi setelah dikonsultasikan media tersebut sudah banyak digunakan. Akhirnya kami memilih media lain yaitu shape and colour. Pembuatan media ini cukup mudah, tetapi kami mengalami kesulitan dalam membuat jarumnya agar lingkaran tersebut bisa mutar. Penggunaan media shape and colour ini cukup mudah, siswa hanya memutar lingkaran dan jarum akan menunjuk ke arah lingkaran yang di dalamnya berisi materi dan pertanyaan. Siswa menjelaskan materi dan menjawab pertanyaan. Pada akhir pembelajaran guru akan menyimpulkan terkait materi. Jadi media ini bisa memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswanya dan siswa bisa belajar sambil bermain.


Bahan dan alat untuk membuat media shape and colour:

1. Triplek

2. Kertas origami
3. Gunting
4. Paku
5. Pensil
6. Kertas manila
7. Lem
8. Gambar terkait materi


Adanya media pembelajaran shape and colour ini bertujuan :
  1. Meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap materi PPKn.
  2. Mempermudah bagi anak didik dalam menyerap atau menerima serta memahami materi yang telah disampaikan oleh guru/pendidik.
  3. Mempermudah bagi guru/pendidik daiam menyampaikan informasi materi kepada anak didik.
  4. Memperlancar interaksi antara guru dan siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.
  5. Menjadikan siswa berpikir kreatif, inovatif, kritis dan memunculkan sikap positif .
    
Tahapan Penggunaan Media Pembelajaran “Shape and Colour” yaitu:

  1. Guru menyiapkan media berupa Shape and Colour yang dibaliknya terdapat kata dan gambar yang menjadi kode berupa pertanyaan, materi dan melempar pertanyaan.
  2. Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok dan memberikan undian untuk memutar media tersebut.
  3. Setiap perwakilan kelompok memutar media Shape and Colour sesuai dengan urutannya.
  4. Setelah siswa memutar Shape and Colour, siswa diminta mengikuti perintah yang terdapat dalam media.
  5. Apabila siswa mendapat pertanyaan dan tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut maka siswa dihukum dengan menyanyikan lagu wajib nasional.
  6. Kemudian jawaban dari pertanyaan tersebut ditanggapi oleh siswa lain.
  7. Disetiap pertanyaan terdapat point, jika pemain menjawab pertanyaan dengan benar maka akan mendapatkan point. Tetapi jika pemain tidak bisa menjawab pertanyaan maka tidak mendapatkan penambahan point.
  8. Kelompok yang mengumpulkan point terbanyak, maka dianggap sebagai pemenang dalam permainan.
  9. Setelah semua kelompok selesai bermain, dilanjutkan dengan pembahasan


Berikut gambar penggunaan media pembelajaran shape and colour:



Media Pembelajaran Shape and Colour


Media Pembelajaran Shape and Colour


Media Pembelajaran Shape and Colour

Setelah kami melakukan observasi kami juga membuat sebuah vlog yang berdurasi sekitar 5 menit. Di dalam vlog tersebut kami menceritakan mengenai fasilitas, kondisi, kelayakan, pengunjung yang ada di pasar klewer dan perpustakaan surakarta. Kami membuat vlog ini pada hariketiga observasi. Berikut hasil vlog kami https://youtu.be/-Yo0Md4fD0M

Demikian artikel mengenai penggunaan media pembelajaran shape and colour mata pelajaran PPKn kelas 7 SMP/Mts. Semoga dengan adanya media pembejaran ini bisa memudahkan pendidik dalam mengajar siswanya. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan Media Pembelajaran Shape and Colour Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 SMP/Mts"

Post a Comment