5 Program Beasiswa S1 Kuliah Tahun 2018

5 Program Beasiswa S1 Kuliah Tahun 2018

Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat malam Bapak/Ibu guru serta calon mahasiswa/mahasiswi yang akan mendaftar kuliah di kampus favorit. Bagi kalian yang ingin kuliah tapi tidak ada biaya, tenang saja, di beberapa kampus disediakan beberapa program beasiswa untuk jenjang S1. Ada beberapa jenis beasiswa dan di bawah ini disebutkan beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa tersebut. Info lebih lanjut silahkan baca materi di bawah ini.




1. Beasiswa Bidikmisi
Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi berupa pemberian fasilitas pembebasan biaya pendidikan dan subsidi hidup. Saat ini, sudah ada 432.409 mahasiswa yang menerima beasiswa Bidikmisi, lho. Penerima beasiswa akan mendapatkan minimal Rp650.000,00 per bulan yang akan diberikan setiap tiga bulan sekali. Jangan khawatir, biaya pendidikan kamu akan ditanggung mulai dari semester satu hingga kamu lulus nanti baik yang masuk melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, ataupun ujian mandiri.
2. Tanoto Foundation
National Champion Scholarship (NCS) adalah salah satu program Tanoto Foundation dalam pemberian beasiswa untuk meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas. Sasaran dari program beasiswa ini adalah siswa yang memiliki prestasi akademik dan potensi kepemimpinan yang tinggi, namun menghadapi keterbatasan finansial. Fasilitas yang diberikan oleh beasiswa ini yaitu pembebasan biaya kuliah sampai dengan semester 8, tunjangan bulanan, dan program pelatihan kepemimpinan, pengabdian masyarakat, pengembangan jejaring, konseling, serta magang di perusahaan yang tergabung dalam Group Royal Golden Eagle. Tetapi sayangnya, tidak semua perguruan tinggi bisa menerima beasiswa ini, Squad. Hanya perguruan tinggi yang bermintra dengan Tanoto Foundation seperti IPB, ITB, UI, USU, UGM, UR, UNJA, UNMUL, UNHAS, UNAND, UB, dan UNDIP.
3. Ruangguru
Beasiswa kuliah Ruangguru ini merupakan program beasiswa S1 yang ditujukan bagi pelajar kelas XII SMA /SMK/MA pengguna Ruangguru. Pelajar terpilih akan ditanggung biaya kuliahnya secara penuh atau parsial untuk kuliah di President University. President University ini sendiri adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang terletak di Jababeka Industrial Park Cikarang. Di sana, kamu akan menemukan lingkungan multikultural yang menggunakan Bahasa Inggris sehingga nantinya RG akan siap berkomunikasi dengan para pelaku bisnis global masa depan.
4. Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina
Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina ini terbuka untuk kamu yang lulus di tahun 2018, 2017, dan 2016. Beasiswa akan diberikan maksimal delapan semester dengan evaluasi setiap tahunnya. Untuk mendaftar, kamu perlu mengisi formulir dan melengkapi scan berkas seperti Surat Keterangan Tidak Mampu, Kartu Keluarga, KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa, KTP kedua orang tua, rapor semester 1-5 yang dilegalisir, slip gaji orang tua tiga bulan terakhir, bukti pembayaran rekening listrik tiga bulan terakhir sebelum ujian masuk, tagihan PBB rumah tinggal, tiga sertifikat prestasi terbaik, foto rumah bagian depan dan tengah, serta menulis esai empat paragraf yang terdiri dari 600-1000 kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina”.
5. Data Print
Beasiswa DataPrint akan memberikanmu dana sebesar Rp 1.000.000 untuk 10 orang, Rp 600.000 untuk 20 orang, dan Rp 400.000 untuk 170 orang. Uang ini bisa kamu gunakan untuk tambahan biaya mendaftar kuliah. Nah, kriteria pendaftar beasiswa DataPrint adalah pelajar/mahasiswa aktif dari SMP/SMA hingga perguruan tinggi untuk jenjang D3/D4/S1. Selain itu, kamu juga harus terlibat aktif di organisasi sekolah atau universitas, tidak terlibat narkoba atau pernah melakukan tindak kriminal, dan tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan lain. Setelah memenuhi kritera-kritera tersebut, kamu perlu mengisi formulir dan menulis esai sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Panjang penulisan esai tidak kurang dari 100 kata dan tidak lebih dari 500 kata.


Silahkan baca juga :
RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2017
Lowongan Pekerjaan PT Taspen Bulan Juli 2018
Kumpulan Materi Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak
Buku Pedoman Pendidikan Orang Tua Menumbuhan Minat Baca Anak 
Pedoman MOS SD, SMP, SMA Tahun 2018
Info dan Pendaftaran UNP Tahun 2018

Demikian materi seputar program beasiswa kuliah di beberapa kampus tahun 2018 ini. Semoga materi ini bisa bermanfaat bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar kuliah tahun 2018.

Wassalamu'alaikum wr.wb


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Program Beasiswa S1 Kuliah Tahun 2018"

Post a Comment