Download Pedoman MOS SD, SMP, SMA Tahun 2018

Pedoman MOS SD, SMP, SMA Tahun 2018

Assalamu'alaikum wr.wb

Pedoman MOS SD, SMP, SMA Tahun 2018 merupakan petunjuk teknis yang digunakan oleh sekolah dalam melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah jenjang SD SMP SMA SMK pada tahun pelajaran 2018/2019. Dengan adanya pedoman dalam kegiatan MOS dapat menekan tindakan kekerasan atau yang biasa disebut dengan istilah peloncoan, karena pemerintah menekankan MOS/PLS lebih bersifat edukatif.





Istilah MOS sebenarnya sudah diganti dengan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) yaitu kegiatan pertama siswa baru masuk satuan pendidikan dengan tujuan pengenalan perencanaan program sekolah, sarana dan prasarana (SARPRAS), cara belajar yang diterapkan di sekolah masing-masing, penanaman konsep pengenalan diri dengan lingkungan dan warga sekolah, dan pembinaan awal kultur/ budaya Sekolah.



Dalam kegiatan MOS terdapat 2 jenis kegiatan yakni kegiatan wajib dan pilihan untuk kegiatan wajib berdasarkan silabus MOS, sedagkan kegiatan pilihan setiap sekolah berhak memilih salah satu atau lebih materi kegiatan dan disesuaikan dengan kondisi, karakteristik lingkungan sekolah tersebut. Jangan sampai kegiatan yang dilaksanakan tidak relevan/melenceng dari situasi yang sebenarnya.

Berikut ini beberapa hal yang termuat dalam Pedoman/Juknis MOS/MPLS 2018 diantaranya pengenalan lingkungan sekolah dilakukan dengan memperhatikan hal sebagai berikut:

  • Wajib melakukan kegiatan yang bersifat edukatif.
  • Dilarang bersifat perpeloncoan atau tindak kekerasan lainnya.
  • Dilarang melakukan pungutan biaya maupun bentuk pungutan lainnya.
  • Tidak diwajibkan menggunakan selain seragam dan atribut sekolah.
  • Dilarang memberikan kegiatan atau penggunaan atribut kepada peserta didik baru yang tidak sesuai dengan aktivitas pembelajaran siswa.
Apabila terdapat hal-hal yang melanggar pedoman MOS maka sekolah mempunyai kewajiban memberikan sanksi berupa teguran tertulis dan tindakan lain yang bersifat edukatif.

Pedoman MOS SD, SMP, SMA Tahun 2018

silahkan baca juga :

Info dan Pendaftaran UNP Tahun 2018
Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Kepala Sekolah Indonesia di Luar Negeri 2018
RPP dan Silabus Aqidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 7 MTs
Administrasi Tata Usaha (TU) Lengkap
Sejarah dan Pencipta Lagu Hymne Madrasah dan Mars Madrasah
Dibutuhkan 155 Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN Insan Cendekia
Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Edisi Keempat


Demikian materi mengenai pedoman MOS (Masa Orientasi Siswa) untuk jenjang SD,SMP dan SMA. Semoga dengan adanya pedoman ini bisa membantu rekan-rekan dalam melaksanakan MOS.

Wassalamu'alaikum wr.wb





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Pedoman MOS SD, SMP, SMA Tahun 2018"

Post a Comment