Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017

Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017

Assalamu'alaikum wr.wb
Salam edukasi indonesia,,,
Selamat pagi Bapak/Ibu guru beserta tenaga kependidikan yang ada di seluruh Nusantara. Berjumpa lagi bersama kami di blog salampendidikanindonesia.blogspot.co.id. Pada kesempatan pagi hari ini kami akan berbagi materi mengenai pengembangan RPP kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017.

Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017- RPP merupakan pengembangan dari isi silabus yang dipergunakan oleh guru sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.RPP kurikulum 2013 merupakan model tematik yang dikembangkan oleh model jaring laba-laba(webbed).Pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed) dikembangkan dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema. Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD dilakukan merujuk silabus mata pelajaran, untuk Materi Pokok menyesuaikan dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Sedangkan Pembelajaran merupakan gabungan Pembelajaran untuk satu tema/subtema untuk seluruh kompetensi dasar dari muatan mata pelajaran yang diikat dalam tema/subtema tersebut.



Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017- Alokasi waktu tersebut termasuk Pendidikan Agama sebanyak 4 jam pelajaran per minggu.  Selain itu untuk kelas I, II, dan III yang menekankan pada penguasaan kompetensi membaca, menulis, dan berhitung untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, maka perlu mendapat perhatian dalam integrasi dengan tema dan mendapatkan alokasi waktu yang cukup. 

Selain itu ada beberapa kompetensi dasar dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang memerlukan pemenuhan sarana dan prasarana khusus oleh satuan pendidikan yang harus diajarkan tersendiri sebagai mata pelajaran dan bersifat pilihan bagi satuan pendidikan yang tidak dapat memenuhinya.  Alokasi waktu pembelajaran tematik untuk setiap minggunya perlu memperhatikan kekhasan-kekhasan di atas.  Untuk itu alokasi waktu pembelajaran tematik setiap minggunya diberikan alokasi minimal sebagai berikut.
Berikut ini kami bagikan Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017 yang bisa bapak/ibu guru unduh sebagai bahan panduan dalam membuat RPP di sekolah/madrasah.

  1. Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD.doc
  2. Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 SD.doc
  3. Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Kelas 3 SD.doc
  4. Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 SD.doc
  5. Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD.doc
  6. Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD model 1.doc 
  7. Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD.doc
Untuk mendukung proses pembelajaran ini, model-model pembelajaran yang sesuai perlu dikembangkan dan dipraktikkan dalam proses pembelajaran. Setidaknya terdapat tiga (3) model pembelajaran yang layak untuk dipertimbangkan, yaitu: 
  • Model pembelajaran berbasis keingintahuan (inquire-based learning), tidak hanya menekankan perolehan atau penemuan jawaban-jawaban atas keingintahuan siswa saja. Melainkan, lebih dari itu, juga mendorong aktivitas siswa melakukan penelusuran, pencarian (searching), penemuan, penelitian dan pengembangan studi atau kajian dan analisis lebih lanjut. 
  • Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem solving-based learning),  secara khusus diselenggarakan berbasis masalah di masyarakat. Berpijak pada masalah-masalah yang ada, siswa didorong untuk mengamati, meneliti dan mengkaji serta memecahkan masalah-masalah tersebut sehingga memperkaya pemahaman dan pengetahuan mereka. Selain bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan khusus terkait dengan masalah yang ada, model ini juga dikembangkan untuk menumbuhkan kepedulian dan rasa tanggung jawabsiswa terhadap pemecahan masalah sehari-hari.
  • Model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), merupakan proses pembelajaran yang menjadikan kegiatan proyek sebagai obyek studi sekaligus sarana belajar. Sebagai obyek studi, dilakukan ketika kegiatan proyek dijadikan sumber pengetahuan dalam proses belajar. Tahapan-tahapan kegiatan dalam proyek, mulai dari penentuan masalah, perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi, serta identifikasi hasil-hasil yang dicapai dan rekomendasi untuk kegiatan proyek berikutnya. Di sini dilihat sebagai siklus aktivitas sosial yang bisa dijadikan sumber pengetahuan dalam proses pembelajaran.
Model-model pembelajaran di atas merupakan model pembelajaran yang diharapkan dapat menginspirasi guru dalam mendesain pembelajaran.  Guru juga dapat mencari dan menggunakan model pembelajaran lain yang dirasa lebih sesuai dan mampu mengoptimalkan peserta didik.


Baca juga artikel terkait di bawah ini:

Demikian informasi dan materi seputar Contoh Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017 yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017"

Post a Comment