DOWNLOAD PENTINGNYA PEMAHAMAN SEJARAH PERTUMBUHAN KONSTITUSI BAGI CALON GURU PPKN

PENTINGNYA PEMAHAMAN SEJARAH PERTUMBUHAN KONSTITUSI BAGI CALON GURU PPKN

Assalamu'alaikum wr.wb
Salam pendidik indonesia,,,,

Selamat sore Bapak/Ibu guru beserta mahasiswa semua. Berjumpa lagi bersama saya di blog salampendidikanindonesia.blogspot.co.id. Pada kesempatan sore hari ini saya akan berbagi materi mengenai pentingnya pemahaman sejarah pertumbuhan konstitusi bagi calon guru PPKn. Makalah ini merupakan salah satu tugas dari saya. Di makalah ini akan dibahas mengenai sejarah konstitusi dari zaman Yunani sampai konstitusi modern sekarang ini. Mata kuliah konstitusi merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 4.

sejarah konstitusi
pentingnya pemahaman sejarah konstitusi

Hampir semua negara di dunia memiliki konstitusi tertulis atau Undang-Undang Dasar (UUD) yang pada umumnya mengatur mengenai pembentukan, pembagian wewenang dan cara bekerja berbagai lembaga kenegaraan serta perlindungan hak azasi manusia. Negara yang dikategorikan sebagai negara yang tidak memiliki konstitusi tertulis adalah Inggris dan Kanada. Di kedua negara ini, aturan dasar terhadap semua lembaga-lembaga kenegaraan dan semua hak asasi manusia terdapat pada adat kebiasaan dan juga tersebar di berbagai dokumen, baik dokumen yang relatif baru maupun yang sudah sangat tua seperti Magna Charta yang berasal dari tahun 1215 yang memuat jaminan hak-hak azasi manusia rakyat Inggris. Karena ketentuan mengenai kenegaraan itu tersebar dalam berbagai dokumen atau hanya hidup dalam adat kebiasaan masyarakat itulah maka Inggris masuk dalam kategori negara yang memiliki konstitusi tidak tertulis.

Pada hampir semua konstitusi tertulis diatur mengenai pembagian kekuasaan berdasarkan jenis-jenis kekuasaan, dan kemudian berdasarkan jenis kekuasaan itu dibentuklah lembaga-lembaga negara. Dengan demikian, jenis kekuasaan itu perlu ditentukan terlebih dahulu, baru kemudian dibentuk lembaga negara yang bertanggung jawab untuk melaksanakan jenis kekuasaan tertentu itu. Untuk memahami isi dari makalah ini bisa di DOWNLOAD DI SINI.

Silahkan baca juga:
Pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2017
Jadwal Entri Data EMIS Tahun Pelajaran 2017/2018 Semester 2 di Seluruh Indonesia
Silabus Kelas 1-6 SD/MI Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MAN Kurikulum 2013
Jadwal dan Persyaratan Seleksi Calon Peserta Kirab Pemuda Tahun 2018
Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Demikian materi mengenai makalah sejarah konstitusi yang bisa saya bagikan pada kesempatan sore hari ini. Semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

Wassalamu'alaikum wr.wb

















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DOWNLOAD PENTINGNYA PEMAHAMAN SEJARAH PERTUMBUHAN KONSTITUSI BAGI CALON GURU PPKN"

Post a Comment