Download Aplikasi PKG Guru 360 Derajat SD SMP dan SMA

Download Aplikasi PKG Guru 360 Derajat SD SMP dan SMA 

Aplikasi PKG 3600 dan PAK yang kami buat di atas berformat excel. Tidak usah diinstall, hanya perlu mengubah settingan excel menjadi enable macros sehingga fungsi-fungsi dari aplikasi bisa berjalan dengan normal. Aplikasi PKG dan PAK berada dalam satu file sehingga mempercepat kerja kita untuk menyelesaikan laporan PKG sekaligus Usulan PAK. Cara mengoperasikannya cukup mudah. Hanya dengan buka file, klik Langkah awal, isi data, kemudian ikuti anak panah next sampai akhir PKG dan PAK sudah selesai, tinggal cetak.
Aplikasi PKG 360 Derajat

Tapi yang perlu diingat, sebelum mengerjakan PKG dan PAK dengan file ini, Bapak/Ibu Kepala sekolah harus memiliki catatan fakta ketika mengamati Bapak/Ibu Guru mengajar. Catatan fakta itu yang digunakan untuk dasar Penilai Kinerja Guru. Contoh catatan fakta bisa Anda lihat dan unduh dengan klik tautan ini [Contoh Catatan Fakta PKG].Catatan fakta tersebut bisa ditulis tangan menggunakan pulpen. Ada 4 macam catatan fakta antara lain:
  • Catatan fakta sebelum pengamatan
  • Catatan fakta selama pengamatan
  • Catatan fakta setelah pengamatan, dan
  • Catatan fakta pemantauan
Lampiran 1B (Laporan dan Evaluasi PKG) yang terdiri dari 14 komponen cukup diisi angka pada catatan fakta, seperti contoh di bawah ini

Seperti kita tahu PKG tahun 2019 ini ada perubahan dibanding PKG tahun sebelumnya. Pada PKG 2019 ini guru tidak hanya dinilai oleh kepala sekolah, tetapi juga dinlai oleh teman sejawat, peserta didik, orang tua, serta DUDI (Dunia Usaha dan Industri) yang disebut dengan responden. Selain itu, daftar hadir guru juga dijadikan pertimbangan dalam PKG. Jumlah responden untuk masing-masing unsur bisa dilihat pada gambar di bawah ini
Ketentuan Jumlah Responden PKG 3600

Perubahan di atas membuat format 1D berubah. Format 1D memuat nilai rerata nilai kuisioner teman sejawat, peserta didik, orang tua, dan absensi. Untuk Guru SD responden DUDI tidak masuk penilaian. Responden peserta didik hanya untuk guru kelas atas (kelas IV - VI). Untuk guru kelas bawah (kelas I - III) tidak dinilai oleh peserta didik karena dianggap belum mampu menilai. Persentase responden juga beda antara guru kelas bawah dan kelas atas.

Responden orang tua siswa dan teman sejawat porsinya masing-masing 15% untuk guru kelas bawah sedangkan untuk kelas atas, posrsi semua responden sebesar 10%.
Aplikasi PKG (Penilaian Kinerja Guru) merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat atau sarana yang berfungsi sebagai penilaian kinerja guru berdasarkan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai guru kita hendaknya selalu melakukan sistem pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka akan tercipta kemampuan mengajar yang semakin hari akan semakin baik.

Aplikasi ini berbasis MS. Excell dan disaranan untuk membukanya melalui Excell 2019 (atau 2013 dan 2016). untuk versi sebelumnya disarankan agar mengaktifkan dulu macro nya. 

Aplikasi ini berisi aplikasi PKG mata pelajaran dan guru kelas tinggi, PK Guru BK, PK Guru TIK dan KKPI (untuk SMK), serta PK tugas tambahan guru seperti Wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan, kepala laboratorium, dan kepala bengkel.

Semoga aplikasi ini dapat membantu penilai dalam melaksanakan tugasnya... Silakan unduh pada link berikut : unduh aplikasi PKG 360

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Aplikasi PKG Guru 360 Derajat SD SMP dan SMA "

Post a Comment