Buku Panduan Kompetensi Sains Nasional KSN Tahun 2020

Buku Panduan Kompetensi Sains Nasional KSN Tahun 2020

Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Panduan Kompetisi Sains Nasional KSN Tahun 2020.

Puspresnas pada tahun 2020 ini akan melaksanakan Kompetisi Sains Nasional (KSN), dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains.

Selain itu, kompetisi sains diharapkan mampu membentuk siswa berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air.

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, serta mengingat Pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang melarang warga Indonesia untuk masuk dan keluar dari satu wilayah ke wilayah lain, maka KSN tahun 2020 dilaksanakan menggunakan sistem dalam jaringan (daring).

Pelaksanaan KSN tahun 2020 diikuti oleh peserta didik yang lolos dari seleksi secara bertahap, yaitu: seleksi tingkat sekolah, KSN tingkat kabupaten/kota, KSN tingkat provinsi.

KSN Tahun 2020


Adapun sains yang akan dilombakan meliputi 9 (Sembilan) bidang keilmuan, yaitu : matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi.

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Pusat Prestasi Nasional telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba/kompetisi baik nasional maupun internasional. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Puspresnas adalah melaksanakan Kompetisi Sains Nasional (KSN), sebagai sarana untuk mendorong semangat belajar peserta didik dalam mewujudkan prestasi terbaiknya.

KSN juga merupakan strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, yang meliputi mutu proses kegiatan belajar mengajar, mutu sarana dan prasarana, mutu tenaga pendidik. Strategi ini berdampak kepada mutu hasil belajar yang maksimal.

Pelaksanaan KSN ini juga dimaksudkan untuk:

1. mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi;

2. memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter;

3. pemerataan prestasi ke pelosok tanah air;

4. mengeksplorasi kemampuan peserta didik dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya; dan

5. lahirnya juara-juara keilmuan yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Sebagaimana diketahui bahwa sejak Bulan Maret 2020 sampai saat ini, Indonesia mengalami musibah adanya Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang oleh pemerintah ditetapkan sebagai pandemi

Kondisi ini memaksa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang melarang warga Indonesia untuk masuk dan keluar dari satu wilayah ke wilayah lain.

Salah satu dampaknya adalah pelaksanaan KSN tahun 2020 dilaksanakan melalui sistem dalam jaringan (daring).

Di dalam Buku Panduan KSN Tahun 2020 ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme pelaksanaan kegiatan KSN tahun 2020.

Buku Panduan KSN Tahun 2020 ini dapat dipergunakan sebagai acuan/pegangan bagi penyelenggara, panitia, pembina/juri, dan peserta, serta pihak lain yang berkepentingan dengan pelaksanaan KSN tahun 2020. Pedoman ini juga merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dengan aturan KSN 2020 lainnya.

Tujuan KSN

Tujuan Umum

1. Mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, yang mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

2. Pemerataan prestasi ke pelosok tanah air, dengan maksud untuk menemukan peserta didik bertalenta dan berkarakter.

3. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

Tujuan Khusus

1. Melakukan seleksi terhadap peserta didik yang lolos dari KSN Provinsi.

2. Menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia

pada kompetisi tingkat internasional.

Bidang Sains yang Dilombakan

Di dalam mencapai hasil yang diharapkan, bidang sains yang dilombakan pada KSN Tahun 2020 ini adalah sebagai berikut.

1. Matematika

2. Fisika

3. Kimia

4. Informatika/Komputer

5. Biologi

6. Astronomi

7. Ekonomi

8. Kebumian

9. Geografi.

Ruang Lingkup

1. Pelaksanaan KSN Tahun 2020 dengan sistem dalam jaringan (daring).

2. Penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan KSN.

3. Pelaksanaan KSN.

4. Persyaratan peserta KSN.

5. Pengawasan KSN oleh unsur orang tua, sekolah, masyarakat, dan bantuan teknologi.

6. Penilaian jawaban peserta oleh tim juri.

7. Penetapan pemenang KSN.

Berikut ini tampilan preview Buku Panduan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2020 yng bisa bapak/ibu guru unduh melalui link yang sudah kami sedikan di bawah ini

Download

Demikian informasi terkait dengan Buku Panduan Kompetisi Sains Nasional KSN Tahun 2020 yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat bagi rekan guru sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Panduan Kompetensi Sains Nasional KSN Tahun 2020"

Post a Comment